Kamis, 25 Agustus 2016

Teknologi Untuk Masa Depan



Perkembangan teknologi pasti selalu berkembang dari tahun ke tahun. Di Indonesia pun juga demikian, sejak jaman penjajahan hingga sekarang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  (IPEK) telah mengalami  perkembangan yang pesat. Meskipun pada jaman penjajahan teknologi masih belum terlalu berperan dikarenakan pemerintah belanja tidak mengizinkan masyarakat Indonesia mengakses teknologi kala itu. Sehingga Indonesia tertinggal jauh di belakang negara lain. Setelah merdeka barulah ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat di indonesia.

Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia setelah merdeka terbagi menjadi dua dekade. Pada dekade pertama, yaitu tahun 1945-1960, bangsa indonesia mulai mengerti arti teknologi produksi, walaupun masih dalam tingkat pasif dan penuh ketergantunga pada pihak luar negeri. Hasil dari pengenalan ilmu pengenalan teknologi untuk pertama kali yaitu pembangunan pabrik semen di Gresik, pabrik kertas di blabak (Magelang), pabrik gelas, dan kosmetik di Surabaya di pertengahan dekade 1950an. Pada dekade ke-2 yaitu pada tahun 1976 dengan mendirikan pabrik pesawat terbang di Bandung yang di beri nama industri pesawat terbang Nur Tanio (IPTN) yang menggunakan teknologi yang lebih canggih lagi. Teknologi dari pabrik pesawat terbang ini mengacuh pada teknologi di Jerman.

Universitas Muhammadiyah Malang sebagai universitas terkemuka di Indonesia juga telah menfasilitasi mahasiswanya untuk mengakses internet. Di setiap sudut gedung telah dilengkapi Wifi/free hotspot area. Layanan Hotspot di UMM Hotspot adalah layanan untuk akses internet secara gratis yang disediakan oleh UMM dan ditujukan kepada seluruh mahasiswa UMM menggunakan fasilitas WIFI. Kemudian terdapat layanan lain, yaitu webmail. Layanan E-mail di UMM (Webmail UMM), Electronic Mail adalah salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan di Internet. Hal ini karena e-mail merupakan alat komunikasi yang cukup murah dan cepat. Dengan e-mail kita dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung ke Internet di seluruh dunia. Kemudian ada juga layanan blog. Layanan Blog di UMM, Blog merupakan singkatan dari ”web blog” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimulai dalam urut, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Adapun layanan yang memudahkan mahasiswa dalam melakukan KRS-online, situsnya yaitu http://krs-online.umm.ac.id. Perpustakaan UMM telah bekerjasama dengan Indonesia Digital Library yang akan mempermudah menerapkan pembelajaran online di ELMU. Serta Layanan Forum Diskusi di UMM Selain jaringan-jaringan yang memfasilitasi mahasiswa untuk memudahkan mendapatkan data, Universitas Muhammadiyah Malang juga mengadakan forum diskusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar