Kamis, 25 Agustus 2016

Tips dan Trik Mengikuti PATI

  1. Ikutilah PATI sesuai dengan jadwal awal yang sudah ditentukan oleh universitas. Kebanyakan mahasiswa UMM, malas untuk mengikuti jadwal PATI yang sudah ditentukan oleh universitas pada masa semester awal di perguruan tinggi. Setelah menjalani perkuliahan, lupa akan kewajibannya untuk mengikuti PATI. Sehingga akhirnya pada semester akhir perkuliahan, mahasiswa tersebut terhambat kelulusannya karena belum menyelesaikan salah satu persyaratan kelulusannya yaitu PATI. Dan akhirnya mahasiswa tersebut mengikuti PATI dengan tergesa-gesa dan hasilnya tidak maksimal. Nah, jika teman-teman memang berhalangan dalam mengikuti jadwal PATI yang ditentukan karena alasan yang penting dan mendesak, misalnya sakit dan dirawat di rumah sakit, teman-teman dapat segera menghubungi Divisi Infokom untuk mengganti jadwal PATI di minggu berikutnya atau jadwal lain yang tersedia.
  2. usahakan tepat waktu, Sebagai seorang mahasiswa yang sudah mulai dianggap dewasa, tentunya kita dianggap bisa bertanggung jawab terhadap diri kita sendiri. Salah satu indikasinya adalah datang tepat waktu atau on time. Pada PATI ini, kita dituntut untuk bisa datang sesuai jadwal shift yang ditentukan. Lalu apa yang terjadi kalau terlambat? Siap-siap saja menunggu selama kurang lebih 100 menit untuk masuk ke shift berikutnya, karena Anda tidak diperbolehkan masuk.
  3. Jangan lupa buku pelatihan dan Kartu Kendali. Hal sepele seperti ini juga jangan dilupakan ya, teman teman. Karena jika Anda tidak membawa buku pelatihan ataupun Kartu Kendali, bisa saja Anda tidak diperbolehkan mengikuti pelatihan, apalagi jika terjadi di setelah hari pertemuan pertama. Dan bila Kartu Kendali tertinggal, maka Anda tidak bisa melakukan absensi. Sia-sia dong PATI hari itu.
  4. Kerjakan tugas yang diberikan semaksimal mungkin. Tugas yang didapatkan selama mengikuti PATI juga merupakan salah satu yang menjadi nilai penting untuk menentukan kelulusan PATI. Tenang saja, tugas yang diberikan ini sangat berguna kok untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita seputar ilmu teknologi komunikasi dan informasi. Mulai dari tugas evaluasi, hingga membuat blog. Tugas-tugas ini memiliki presentase atau bobot yang berbeda dalam penilaiannya, namun tetap kerjakan semaksimal mungkin ya! Terlebih lagi untuk tugas blog, usahakan semaksimal mungkin. Karena diharapkan nantinya dapat membantu mengangkat nila-nilai evaluasi yang kurang. Salah satu tips dalam mengerjakan tugas evaluasi, kerjakanlah dengan teman-teman sekelas yang mengikuti PATI.
  5. Jaga kesehatan. Last but not least, kesehatan merupakan hal yang sangat penting, karena PATI membutuhkan waktu  6 hari dalam pelaksanaannya, alangkah lebih baiknya jika kita menjaga kesehatan agar nantinya dapat mengikuti kegiatan secara optimal. Jika sakit, maka akan merugikan diri kita sendiri, contohnya bila kita sudah megikuti PATI mulai hari Senin-Kamis, namun tiba-tiba karena seusatu hal sakit dan tidak bisa hadir di hari Jumat dan Sabtu, padahal setidaknya kita hanya boleh absen 1 kali selama kegiatan PATI ini berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar